Wednesday, March 16, 2016

#16: Akhirnya Tinggal Serumah

Halo! Apa kabar, Nak? Dek? Kirana? Rana? Lintang? Utara? Tara? Ah, banyak juga panggilanmu ya.

Kenapa coba udah lama Bapak ga nulis surat? Bapak ga sempet. Sibuk kerja? Bukan, Bapak sibuk main sama kamu! Yap, betul, Dek, kita akhirnya tinggal serumah. Lebih dari sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 8 Februari, kamu dan Ibuk dateng ke Tanjung nyusul Bapak. Eyang Uti ikut nganter ke sini, dan pulang ke Jogja lima hari kemudian.

Bapak dan Ibuk seneng banget, kita akhirnya ga tinggal jauhan lagi. Kamu juga keliatannya seneng, Dek, soalnya ketawa terus tiap hari. Ga tau sih, mungkin juga memang bayi di usiamu sedang dalam fase ketawa tiap hari. Ah, anggep aja kamu seneng ya hehe.

Kita tinggal di sebuah rumah kontrakan. Ga terlalu besar memang, cuma ada dua kamar (satu kita pake tidur, satu buat naroh barang-barangmu yang seabrek), satu ruang yang dipake buat nerima tamu sekaligus buat tidur-tiduran sambil nonton tivi, satu kamar mandi, dan satu dapur sekaligus tempat nyuci. Tapi kerasa sangat hangat buat kita bertiga.

Bapak akhirnya tau gimana rasanya pulang kerja disambut sama anak istri, Dek. Kalau Bapak pulang kerja, kamu biasanya sedang mimik, atau ngoceh ditemenin Ibuk. Waktu masuk rumah, Bapak pasti nyapa kamu, "Halo, Dek!". Kamu langsung berenti mimik atau ngoceh, terus ketawa sambil liat Bapak. Ini klise emang, Dek, tapi rasa capek Bapak seharian di kantor langsung ilang kalo liat kamu. Haha.

Bapak sedang berusaha ngajarin kamu buat bisa tos sama Bapak. Soalnya Bapak ga suka salaman sambil dicium tangan. Nanti tiap Bapak pergi atau pulang kerja, kita tos aja ya, ga usah cium tangan.

Di akhir pekan, kita bertiga bakal piknik. Paling sering ke pasar, belanja bahan makanan buat seminggu ke depan. Atau muter-muter Tanjung yang cuma segitu-gitu aja. Si Ibuk sampe langsung hapal jalanan di Tanjung cuma dalam waktu seminggu, Dek. Kadang kita juga pergi ke kota sebelah, Amuntai, liat patung bebek yang gede banget di pinggir sungai. Atau nongkrong sambil nyobain tempat-tempat makan yang belum pernah kami datangi.

Yah, Tanjung memang beda dengan Jogja, Dek. Di sini kamu ga bakal nemu mall atau gemerlap kota besar. Di sini juga sering mati lampu, yang bikin kamu keringetan karena sumuk. Pilihan hiburan atau makanan enak buat Bapak dan Ibuk juga sangat terbatas. Tapi, apa itu semua harus bikin kita ngerasa ga betah? Enggak. Banyak juga kok yang harus kita syukuri.

Contohnya, di Tanjung ga pernah macet. Ketemu macet di jalan tu salah satu hal yang paling Bapak ga suka. Lalu, ini yang paling penting, di Tanjung kita berada jauh dari keluarga besar kita, dari Eyang Kakung dan Eyang Uti, dari Abah-Ambu, dari Pakde-Bude, dari sepupu-sepupumu. Itu akan membentuk kita jadi manusia yang mandiri, ga sedikit-sedikit menggantungkan hidup pada orang lain.

Lagipula, kalau kata lagu mah "home is wherever I'm with you". Artinya, rumah adalah di mana Bapak sedang sama kamu, sama Ibuk. Ga peduli di mana pun kita tinggal, kalau kita bertiga bersama-sama, itu adalah rumah kita. Dan saat ini, entah sampai kapan, Tanjung adalah rumah kita, rumahmu, Dek. Nikmatilah selagi kamu bisa.


No comments:

Post a Comment